PHP Framework menggunakan metode pengembangan berbasis MVC.


 Baik sebelum kita lebih jauh mengenal PHP Framework menggunakan metode pengembangan berbasis MVC ada baiknya kita kenalan lebih dulu satu persatu, karena kalau g kenal nanti katanya g sayang loh.. :p
Cerita dikit, pertama kali aku mengenal framework saat dosen memberikan tugas untuk mencari framework, sejak itu lah aku sedikit faham tentang framework. Dan tulisan ini hanya penggabungan dari pengetahuan-pengetahuan yang aku dapat dari si mbah (google Red). Jadi kalau ada yang salah mohon koreksi nya ya... :)
Oke dah g usah banyak cincong biar langsung jelas.
apa itu framework?
Dari asal kata dapat diartikan kerangka kerja. Dengan adanya kerangka kerja maka akan memudahkan pekerjaan, sehingga menjadi lebih terstruktur dan terorganisir.

Sedangkan jika Framework berkaitan dengan PHP adalah kerangka kerja yang memudahkan seorang programmer PHP untuk membuat sebuah Website. Dengan Framework menjadikan sebuah halaman akan menjadi lebih ringan dan cepat karena dapat meminimalkan resource yang dipakai. 

Oke kita lanjut penjelasan MVC.
MVC (Model View Controller) adalah suatu metode untuk memisahkan bagian-bagian dari suatu web aplikasi.MVC sendiri terbagi menjadi 3 bagian:
-       Model      :  dalamnya guna persistence & perhitungan logika utama. 
-     View         :  menangani masalah-masalah yang berkaitan bersama tampilan (user interface). Istilah mudahnya tampilan Web yang dilihat user.
 -  Controller :  Controller merupakan bagian yang menjembatani model dan view. Controller berisi script-script php yang berfungsi untuk memproses suatu data dan mengirimkannya ke halaman web.


Jadi dapat kita simpulkan bahwa PHP Framework menggunakan metode pengembangan berbasis MVC yaitu dengan menggunakan metode MVC akan mempermudah programer dalam memahami alur pemrograman karena untuk bagian tampilan, logika dan query database telah dipecah sedemikian rupa.

Just share...
kalau ada salah mohon segera kasih tau aku ya.. biar diperbaiki.. :)

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa tinggalin jejak! Biar jejak nya melekat di sini :)