Wawasan Nusantara Dalam Kacamata Mahasiswa

Sebelumnya mungkin sebagai mahasiswa, mengerti akan wawasan nusantara menjadi hal yang sangat asing. Mengapa? ya karena mahasiswa sendiri belum mengerti wawasan nusantara apalagi harus menjelaskan Wawasan Nusantara Dalam Kacamata Mahasiswa. Sebab dari dulu nya mahasiswa memang belum be;ajar, hanya sering mendengar kalimat wawasan nusantara saja. Nah untuk lebih memahami mari kita berkenalan terlebih dahulu terhadap wawasan nusantara.
Pengertian Wawasan Nusantara:
Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.


Wawasan Nusantara telah diterima dan disahkan sebagai konsepsi politik kewarganegaraan yang termaktub / tercantum dalam dasar-dasar berikut ini :
  • Ketetapan MPR Nomor IV/MPR/1973 tanggal 22 maret 1973
  • TAP MPR Nomor IV/MPR/1978 tanggal 22 maret 1978 tentang GBHN
  • TAP MPR nomor II/MPR/1983 tanggal 12 Maret 1983
Faktor dan Latar Belakang Terjadinya Wawasan Nusantara :
Indonesia adalah negara kepulauan yang berarti Indonesia terdiri dari pulau-pulau. Hal ini juga memperlihatkan bahwa bangsa Indonesia itu terdiri dari banyak suku bangsa yang mempunyai bahasa yang berbeda-beda, kebiasaan dan adat istiadat yang berbeda, kepercayaan yang berbeda, kesenian, ilmu pengetahuan, mata pencaharian dan cara berpikir yang berbeda-beda. Berkat kekuasaan kerajaan Majapahit dan penjajahan Belanda Indonesia mulai bersatu. Untuk menjadi sebuah negara yang merdeka Indonesia harus mempunyai wilayah, penduduk dan pemerintah. Semua warga daerah di kepulauan nusantara yang dijajah Belanda setuju untuk bersatu dan membentuk sebuah negara kesatuan melalui sumpah pemuda. Agar Indonesia dapat merdeka Indonesia harus memiliki keinginan bersama. Setelah Indonesia merdeka tentu Indonesia harus mempertahankan kesatuan negara yang sdah diperjuangkan dengan darah. Oleh karena itu Indonesia harus puya cara pandang Bangsa Indonesia yang sama terhadap negara Indonesia. Mungkin sedikit menyinggung Wawasan Nusantara Dalam Kacamata Mahasiswa.
Cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan yang berdasarkan Pancasila dengan semua aspek kehidupan yang beragam disebut Wawasan Nusantara. Wawasan Nusantara Dalam Kacamata Mahasiswa. Wawasan nusantara dibentuk dan dijiwai oleh geopol. geopol adalah ilmu pengelolaan negara yang menitikberatkan pada keadaan geografis. Geopol selalu berkaitan dengan kekuasaan an kekuatan yang mengangkat paham atau mempertahankan paham yang idanut oleh suatu bangsa atau negara demi menjaga persatuan dan kesatuan.


Nah setelah kenalan, saya berharap para pembaca dapat sedikit mengerti tentang wawasan nusantara dalam kacamata mahasiswa, sebagai bentuk wujud cinta pada bangsa Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa tinggalin jejak! Biar jejak nya melekat di sini :)