Implementasi Wawasan Nusantara Dalam Kehidupan Nasional

Saya anggap pembaca telah mengerti pengertian wawasan nusantara, dan disini saya akan menjelaskan Implementasi Wawasan Nusantara Dalam Kehidupan Nasional. Ada beberapa pengertian dan cara yang dapat di tarik untuk meng-implementasikan Wawasan nusantara pada kehidupan Nasional:
1.      Wawasan Nusantara sebagai Pancaran Falsafah Pancasila
Falsafah Pancasila diyakini sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia yang sesuai dengan aspirasinya. Keyakinan ini dibuktikan dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia sejak awal proses pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia sampai sekarang. Dengan demikian wawasan nusantara menjadi pedoman bagi upaya mewujudkan kesatuan aspek kehidupan nasional untuk menjamin kesatuan, persatuan dan keutuhan bangsa, serta upaya untuk mewujudkan ketertiban dan perdamaian dunia.
2.      Wawasan Nusantara dalam Pembangunan Nasional
Untuk menjaga pembangunan Nasional, kita juga harus menjaga seluruh pulau yang ada di Negara kesatuan untuk menjadikannya utuh, sebagai bukti cinta kita pada bangsa dan tanah air. Dan juga dengan memelihara kekayaan tanah air, tetep menjaga kelestariannya, dengan tidak menebang pohon secara illegal, membakar atau memburu binatang yang langka. Anehnya, para penduduk banngsa ini kurang prihatin terhadap lingkungannya sendiri yang masih memiliki berjuta kekayaan yang melimpah ruah. Bukan hanya kita yang menikmati, tapi juga anak cucu kita yang akan memperjuangkan Negara ini sebagai rakyat yang mengerti dan menghargai perjuangan.

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa tinggalin jejak! Biar jejak nya melekat di sini :)