Akhirnya aku punya blog personal

Alhamdulillah… itu adalah ucapan yang pertama kali keluar dari postingan ku kali ini, karena akhirnya aku bias juga beli domain untuk personal blog q. Selama ini aku hanya menggunakan domain gratisan untuk menuliskan segala yang ada dipikiran ku. Namun sekrang udah punya karena kemaren dapat informasi kalao di domain.com ada promosi domain harganya Cuma $1.99, menurut anda gimana? Termasuk murah gak? Klo menurut aku jelas murah banget, secara aku kan Cuma mahasiswa, untuk makan aj pas-pasan…  :)

Nah setelah dapat informasi tersebut aku langsung ke TKP untuk membuktikannya, nah ternyata bener.. langsung aja aku sikat tanpa piker panjang, kebetulan juga aku masih punya saldo $ di paypal, walau sedikit tapi lumayan la bisa beli-beli kalau ada yang lagi promo gini.. hehehe
Setelah aku beli domain, kemudian mikir lagi... mau pakek hosting apa ya? Padahal hosting ku udah diisi sama domain yang bejibun (Hosting juga yang shared hosting, basic pulak..), rasanya kalau semua domain ditaruh di 1 hosting bakalan kena suspend nih begitulah dalam pikiran ku yang resikonya bakalan kena buang mentah-mentah dari pihak hosting, sayang juga kan… hmmmmm
Lanjut berpikir kemudian terpikir gimana kalau pake hostingan gratis aja, kayaknya bisa lebih efektif, selain space yang g terbatas, bandwidth sepuasnya dan mudah di akses tentu ini jadi alternative untuk mahasiswa yang pas-pasan kayak aku ni. Akhhirnya pilih punya pilih aku lari ke blogspot (itu lo punya nya google, kalo g tau cari noh di google buanyak).
Nah dah ketemu 1 hosting gratis,,, sekarang tinggal merubah nama domain yang awalnya qomaruddinbz.blogspot.com bisa menjadi qomaruddinbz.com. Aku kemudian login ke blogspot (blogger.com) terus masuk ke setting (indo: setelan) terus masuk lagi ke publishing, nah disitu ada tulisan kayak gini
You are publishing on blogspot.com
Switch to: •  Custom Domain (Point your own registered domain name to your blog)  

Kemudian aku klik tulisan Custom domain (tujuannya untuk merubah nama domain blogspot.com jadi domain kita), setelah itu muncul tulisan Buy a domain for your blog artinya kita disuruh cari domain yang ingin kita pakai, inget ini disuruh beli lo.. kalaw udah punya ngapain beli lagi dari google J.
Berhubung aku udah punya domain sendiri yang aku beli di domain.com, aku klik aja Switch to advanced settings. Terus masukin deh domain yang udah ku beli tadi dan lengkapi verifikasi kata yang ada. Kalau udah langsung save…  taraaaaaaaaaaaaa… domain ku dah jadi…. :)

Note:**
Jika ingin menggunakan nama domain yang kamu punya, perlu beberapa settingan agar waktu kita masukin nama domain di blogger tadi bisa langsung jadi (Seperti merubah DNS domain yang dibeli dll). Nah untuk  merubah nama domain blogspot ke domain kamu, tunggu di postingan selanjutnya ya.. dah capek nih.. Skripsi ku belum kelar-kelar !  :D

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa tinggalin jejak! Biar jejak nya melekat di sini :)